Elevenia

Saturday 8 August 2015

Proses Pembuatan Tepung Tapioka atau Tepung Aci

Tepung Aci


Terbuat dari aci
Semua orang pasti tahu tepung tapioka atau tepung aci itu apa, bagi yang belum tahu bisa di klik disini. Kebanyakan masyarakat khususnya sunda sudah memakanya. Yah, seperti cireng, cimol, cilok, kue-kue yang menggunakan tepung tapioka, dan masih banyak lagi yang terbuat dari tepung tersebut. Lalu terbuat dari bahan apa tepung ini ? seperti yang tertera pada judul, tepung ini di buat dari singkong atau umbi akar ketela pohon.

pohon ketela

ketela

ketela

Okay, kita lanjut saja ke pembahasan utama. Proses pembuatannya bisa dibilang tidak terlalu rumit, bahkan bisa di bikin di rumahan (untuk sekala kecilnya). Namun di daerah saya sendiri yang merupakan perkampungan dimana banyak perkebunan singkong sudah terdapat beberapa pabrik tepung ini. Oleh karena itu, saya akan menjelaskan prosesnya berdasarkan yang saya lihat di pabrik tersebut.

Alur proses pembuatannya yaitu :
Proses aci

Secara garis besar proses utama pembuatannya ada 5 pokok utama yaitu :
  1.  Persiapan bahan  baku,  proses  disini  meliputi  pengelupasan  kulit,  pembersihan singkong, dan pemilihan bahan baku yang baik.
  2.  Penggilingan, yaitu proses dimana singkong digiling menjadi hancur dengan menggunakan alat atau mesin. Biasanya jika di rumah bisa menggunakan serutan singkong tapi kalau di pabrik menggunakan mesin penggilingan singkong.
  3. Pemerasan, hasil dari penggilingan tersebut diperas dan dipisahkan antara air perasan dengan ampas singkongnya. Ampas singkong bisa di gunakan sebagai pakan ternak atau dijual lagi ke pihak yang membutuhkan.
  4.  Pengendapan, air perasan di simpan di suatu  bak  kalau  di  pabrik  dan menggunakan baskom atau ember jika di rumah. Pengendapan tersebut di diamkan sampai terjadi endapan tepung taipoka atau aci, kurang lebih waktu untuk mengendapkannya sampai semalaman. Oya, ada 3 lapisan yang akan terdapat pada pengendapan yaitu air encer (bagian paling atas, biasanya lebih bening), Cairan elod (nanti akan ada pembahasan di artikel selanjutnya), Lapisan tepung tapioka atau aci (ada di bagian paling bawah).
  5. Pengeringan  dan  packing,  yaitu  proses  dimana tepung diambi dari bak atau penyimpanannya kemudian di jemur sampai kering. Setelah itu, tepung di packing dan siap untuk di jual.

pabrik aci tapioka

di jemur di bawah matahari

Sekian proses pembuatannya, bila ada yang bingung atau kurang tepat silahkan tambahkan di komentar. 

No comments:

Post a Comment

Iklan

pasang iklan

Subscribe